Layani Informasi Covid-19, Diskominfo Wonosobo Luncurkan Chat Bot

Layani Informasi Covid-19, Diskominfo Wonosobo Luncurkan Chat Bot

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO – Pemerintah Kabupaten Wonosobo melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona terus berupaya melayani kebutuhan warga yang menginginkan informasi lengkap perkembangan kasus Covid-19. Demi memberikan pelayanan yang informatif, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Wonosobo meluncurkan chat bot atau layanan mesin penjawab otomatis lewat aplikasi pesan singkat whatsapp. Kepala Dinas Kominfo, Eko Suryantoro menyebut, upaya melayani keingintahuan warga dengan chat bot tersebut melengkapi informasi harian yang disampaikan Gugus Tugas covid-19 melalui situs resmi Pemkab, corona.wonosobokab.go.id. “Latar belakang dibangunnya sistem layanan informasi otomatis ini adalah karena bapak Bupati dan bapak Sekda berkeinginan agar masyarakat bisa mengakses beragam informasi terkait perkembangan penanganan covid-19 di Kabupaten Wonosobo secara lebih mudah dan akurat,” tutur Eko ketika ditemui usai video Conference di ruang rapat utama Dinas Kominfo, Selasa (14/4). Menurut Eko, tersedianya layanan informasi berbasis aplikasi pesan singkat yang paling populer saat ini, warga akan sangat dimudahkan untuk memperoleh informasi dari sumber yang akurat, kredibel dan bisa dipertanggung jawabkan. Dalam layanan tersebut, Eko juga menyebut warga bisa meminta untuk klarifikasi apabila ingin mengetahui apakah informasi yang beredar benar atau sekedar hoaks. Respons masyarakat, menurut Eko sangat baik terlihat dari antusiasme yang tercatat dalam tiga hari pertama sejak diluncurkan pada Sabtu (12/4) lalu, jumlah warga yang mengakses sudah mencapai 4.282 permintaan informasi. Baca Juga Pemkab Wonosobo Pertajam Skema Penanganan Covid-19 “Kami bekerjasama dengan masyarakat anti fitnah Indonesia (Mafindo) untuk menelusuri kebenaran berita-berita yang beredar di masyarakat, terutama melalui media sosial,” bebernya. Terkait teknis layanan chat bot, penanggung jawab aplikasi layanan informasi di Gugus Tugas COVID 19 Wonosobo, Priyo Cahyono menyebut, setidaknya ada 6 layanan yang bisa diakses publik. Layanan itu, disebut Priyo menggunakan nomor yang bisa diakses melalui Aplikasi Whatsapp oleh siapapun, yaitu di nomor 082327733373. “Jenis layanan diakses melalui permintaan yang disampaikan oleh warga yaitu di nomor 1 sampai 7, meliputi Nomor 1 Data covid-19 Kabupaten Wonosobo, Nomor 2 Himbauan, Nomor 3 Langkah tangani Gejala covid-19, Nomor 4 layanan Telepon Fasilitas Kesehatan, Nomor 5 layanan Telepon Siaga dan Nomor 6 merupakan layanan telepon Mafindo untuk klarifikasi berita hoaks,” terang Priyo. Selama 24 jam, layanan Chat Bot disebut Priyo bisa diakses oleh masyarakat yang membutuhkan informasi cepat perihal covid-19. Sampai saat ini, Priyo menyebut permintaan terbanyak oleh warga adalah pada nomor 1, yaitu data perkembangan yang berisi jumlah ODP, Jumlah PDP dan Jumlah Positif Covid-19. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: